All About Dogfood

Bagi orang yang memelihara anjing, dogfood pasti bukan sesuatu yang asing. Tapi apa kalian semua yang memelihara anjing tau tentang dogfood? oke, gw mau bagi bagi sedikit info bagi kalian yang belum tau tentang dogfood. Ada beberapa jenis dogfood yang banyak dijual bebas di pasaran. Bagi yang memberi makan dogfood homemade untuk peliharaan, mungkin ga akan pusing pusing mikir tentang merk apa yang bakal dipilih. Tapi bagi yang menggunakan dogfood buatan pabrik, apakah kalian udah bisa bedain mana yang bagus mana yang kurang bagus? berikut beberapa tipe dogfood :

  1. Grocery
    Dogfood jenis ini biasanya harganya lebih ekonomis dibandingkan dengan dogfood lainnya. rata rata sumber karbohidratnya didapat dari beras atau sisa penggilingan beras. sumber protein biasa di dapat dari kedelai dan sumber protein nabati lainnya.
  2. Premium
    Dogfood jenis ini sedikit lebih baik dari jenis sebelumnya, karena sumber protein di dapat dari hewan hewan ternak, meskipun hanya sisa seperti jeroan, tulang, dan lain sebagainya. meskipun sudah menggunakan protein hewani, akan tetapi terkadang masih ada beberapa sumber nutrisi yang kurang bagus jika dikonsumsi anjing kesayangan.
  3. Super Premium
    ini adalah jenis dogfood yang paling mahal dari yang lainnya, karena sumber protein benar benar didapat dari daging yang layak dikonsumsi oleh manusia. selain itu komposisi dogfood ini juga minim sekali dari sumber makanan yang tidak baik untuk anjing. Tapi ya silakan berpikir sendiri, dogfood jenis ini harganya bisa dipastikan lebih mahal dari makanan kita sehari hari :D
Trus gimana bedain dogfood yang bagus sama yang engga? bisa aja kan dogfood grocery tapi ngakunya super premium?
  1. ada tanda dari lembaga ( entah gw lupa namanya) yang menunjukkan bahwa produk dogfood ini sudah lulus uji, dan komposisi di dalamnya benar benar sesuai tulisan di kemasan.
  2. dogfood bagus dikemas dengan bagus dengan kemasan yang kedap udara sehingga dapat menjaga kualitas dogfood di dalamnya.
  3. Harga. dogfood dengan kualitas super premium tidak mungkin dijual dengan harga ekonomis seperti dogfood grocery.
ya mungkin kaya gitu klasifikasi dogfood based on my experience, dan based on my experience juga... kualitas dogfood tidak menjamin bahwa anjing pasti akan cocok dengan dogfood tersebut. Sebagai contoh, goldie gw. Gw pernah pake dogfood dari berbagai kualitas, mulai dari grocery sampe super premium. Lucunya goldie gw ga cocok sama dogfood mahal. Beberapa kali gw make merk super premium, yang ada malah goldie gw jadi kurus n gatel gatel, tapi begitu nyobain yang harga ekonomis malah jadi gendut berisi. Karena gw pikir golden gw udah dewasa dan udah ga butuh nutrisi buat pertumbuhan jadi ya mending pake yang itu aja, murah dan ga ada gangguan, udah gitu pas banget harganya di kantong, ga nyekek nyekek amat :D. so ada beberapa kesimpulan yang bisa gw ambil untuk milih dogfood.
  1. Dogfood mahal belum tentu cocok buat anjing kita, utamakan yang cocok dan sesuai dengan kondisi si anjing.
  2. Anjing dalam kondisi pertumbuhan dan hamil wajib diberikan makanan yang terbaik yang kita mampu beli, karena masa masa ini sangat mempengaruhi pertumbuhan si anjing.
  3. Untuk anjing anjing idle (dewasa yang sedang tidak hamil/menyusui) bisa diberikan dogfood dengan kualitas yang biasa asal tidak menganggu kesehatan si anjing.
Mungkin itu aja sih menurut gw, seorang nubi yang baru belajar gimana cara breeding yang baik dan benar. one thing for sure : YOU CAN BUY THE MOST EXPENSIVE DOGFOOD, BUT YOU CAN'T BUY HIS/HER TAIL'S WAG.

0 comments:

Posting Komentar