Gali Lubang Tutup Lubang

Gali-gali-gali-gali-gali lobangGali-gali-gali-gali-gali lobang...
Lobang digali menggali lobangUntuk menutup lobangTertutup sudah lobang yang lamaLobang baru terbuka...
pasti beberapa banyak yang udah ga asing sama lirik lagu di atas. Yepp.. lagu gali lobang tutup lobang yang pernah dibawaain sama bang Haji Oma. Liriknya simpel, kena banget, dan mewakili gaya hidup sebagian besar masyarakat di Indonesia, kalo ga boleh disebut gaya hidup, mungkin bisa disebut sebagai cara hidup.
Dari dulu gw sempet mikir, ngapain sih orang mau repot repot ngutang?? Pertanyaan seperti itu sering aja lewat pas denger atau tau ada orang yang notabene udah punya gawe yang bisa dibilang lumayan mapan, tapi tetep aja terjerat sama yang namanya utang. Normal ya, namanya juga anak kecil yang taunya apa apa udah ada.
Tapi seiring waktu berjalan, ane baru ngerasain apa itu namanya gali lobang tutup lobang. Bukan buat sekedar memenuhi tuntutan gaya hidup anak anak muda jaman sekarang, tapi demi merintis sesuatu yang gw sebut USAHA. Bener - bener gw baru ngerasain kaya apa rasanya tuh lirik lagunya Bang Oma, utang sana buat ini, terus utang sana lagi buat nutup utang yang sana, and so on. Namanya ngutang, terutama usaha kecil tanpa modal, memang perlu buat ngebangun usaha yang kita bikin dari nol. Bahkan banyak kok perusahaan gede yang punya hutang yang bejibun. Ga selamanya utang itu berujung negatif kayak yang di tipi tipi asal kita bisa memanage aja gimana cashflow kita sendiri. So, buat jiwa muda tanpa modal alias MOKODO, jangan takut buat ngutang, asal utangnya ga dipake buat kegiatan konsumtif aja.

0 comments:

Poskan Komentar